5 Dampak Mengerikan Gizi Buruk pada Kesehatan Anak

Gizi yang baik dan seimbang sangat diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang anak, dan anak-anak bisa mendapatkan gizi yang baik dari asupan makanan sehat setiap harinya. Bila gizi tidak terpenuhi dengan baik maka anak akan mengalami kondisi gizi buruk dimana anak kondisi ini sangat berbahaya untuk anak-anak.Kondisi ini akan berakibat fatal untuk tumbuh kembang anak, ada beberapa dampak buruk bahkan mengerikan yang bisa terjadi jika anak mengalami gizi buruk. Berikut ini 5 dampak mengerikan yang akan terjadi pada anak:

 

  1. Penyakit infeksi

Asupan gizi yang kurang pada anak bisa menyebabkan anak terserang penyakit infeksi. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuhnya yang tidak kuat akibat nutrisi tubuh yang tidak terpenuhi.

 

Perlu Moms ketahui bahwa tubuh memerlukan vitamin dan mineral yang penting agar kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik sehingga terhindar dari penyakit infeksi ini. Salah satu vitamin dan gizi yang diperlukan tubuh untuk membantu kekebalan tubuh adalah vitamin C, zat besi, dan zinc. Jika nutrisi tersebut tidak tercukupi maka sistem kekebalan tubuh akan memburuk. Belum lagi jika anak kekurangan zat gizi makro misalnya karbohidrat dan protein yang menjadi sumber energi dan pembangun sel-sel tubuh. Akan membuat fungsi tubuh anak terganggu.

 

  1. Pertumbuhan anak terhambat

Pertumbuhan dan perkembangan anak terhambat bisa menjadi buah hati terkena dampak gizi buruk. Pada proses pertumbuhan, zat protein sangat diperlukan untuk membantu sel-sel tubuh terbentuk dan karbohidrat sebagai sumber energi utama tubuh. Bila asupan ini tidak terpenuhi, maka tidak mungkin pertumbuhan si kecil terhambat bahkan berhenti sebelum waktunya. Tentu Moms tidak ingin hal itu terjadi bukan? Oleh karena itu penting diingat untuk terus memantau kesehatan sang buah hati, telebih jika anak masih dalam usia di bawah lima tahun. Dengan mengetahui status gizi anak, Moms juga bisa mengetahui apakah perkembangan si buah hati normal atau tidak. Untuk itu lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter anak dan gizi menjadi penting.

 

  1. Tingkat IQ rendah

Anak-anak dengan gizi buruk cenderung melewatikan pelajaran di kelas sehingga tidak naik kelas, karena nutrisi yang tidak terpenuhi sehingga anak menjadi lemas, lesu dan tidak bergerak aktif yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Hal ini didukung juga oleh data yang diperoleh dari World Bankdimana ada hubungan gizi buruk dengan tingkat IQ yang rendah, anak-anak juga menjadi sulit untuk  mencari teman karena masalah perilaku mereka.

 

 

  1. Gangguan mental dan emosional

Data dariChildren’s Defense Fund, mengatakan bahwa anak-anak yang mengamali kekurangan asupan nutrisi memiliki risiko menderita gangguan psikologis, seperti rasa cemas berlebih maupun ketidakmampuan belajar, akibatnya anak memerlukan konseling kesehatan mental. Gizi buruk juga bisa membawa dampak yang tidak sehat bagi perkembangan dan kemampuan adaptasi anak pada situasi tertentu.

 

  1. Kematian

Dampak yang paling mengerikan dari gizi buruk adalah kematian. Jika anak sudah mengalami gizi buruk pada tingkat yang parah maka akan menyebabkan kematian. Ini dikarenakan anak yang berisiko gizi buruk akan terhambat pertumbuhannya dan anak yang pertumbuhannya terganggu memiliki risiko meninggal 4 kali lebih besar jika dibandingkan dengan anak normal.

 

Untuk mencegah terjadinya gizi buruk pada anak, maka Anda harus memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi anak supaya kebutuhan nutrisi dan gizinya terpenuhi, buah hati pun akan tumbuh dengan sehat jika semua asupannya terpenuhi. Jangan sampai pertumbuhannya terganggu karena akan berakibat buruk Moms.

Leave a Comment