5 Hal yang Menjadikan Sarapan Penting untuk Si Kecil

 Sarapan sangat penting untuk semua orang memulai kegiatan selama seharian, begitu pula dengan anak. Tapi tidak sedikit juga orang tua yang membiarkan anaknya tidak sarapan pagi karena alasan tidak biasa sarapan dan akan sakit perut kalau makan di pagi hari. Tanpa disadari oleh para orang tua hal ini akan berdampak pada kesehatan anak. Para ahli mengatakan sarapan di pagi hari dengan makanan sehat menjadi ritual wajib yang dilakukan setiap harinya dan tidak boleh dilewatkan, apalagi pada usia dini.Harus Moms ketahui ada beberapa alasan yang menjadikan sarapan begitu penting untuk anak Anda, berikut ini empat alasan yang sangat penting untuk diketahui.

 

  1. Menu sarapan sehat membuat prestasi akademis anak meningkat

Prestasi anak di sekolah salah satunya bisa didukung oleh faktor sarapan. Memang sarapan menjadi hal yang sepele, tapi sangat penting untuk dilakukan demi memaksimalkan konsentrasi anak dalam menerima pelajaran di sekolah. Para ahli juga mengatakan bahwa sarapan bisa meningkatkan prestasi anak hingga 4,5 kali lebih baik dibandingkan mereka yang melewatkan sarapannya. Bahkan hal ini telah terbukti dalam penelitian internasional maupun nasional. Seperti penelitian yang dilakukan pada anak SD di Bali, dalam riset ini diketahui jika anak-anak yang memiliki kebiasaan sarapan dengan nutrisi yang cukup memiiliki prestasi lebih baik dari anak yang tidak sarapan.

 

  1. Anak yang sarapan memiliki konsentrasi dan fokus yang baik

Anak yang tidak sarapan akan mengalami kelelahan di sekolah dan membuat konsentrasinya berkurang, terbalik dengan anak yang sarapan setiap paginya akan memiliki konsentrasi yang baik. Sarapan pun bisa memengaruhi mood dari anak, ketimbang yang tidak sarapan. Anak yang melewatkan sarapannya akan sulit untuk menerima pelajaran di sekolah. Jadi, beri anak Anda sarapan setiap harinya ya Moms.

 

  1. Meningkatkan disiplin anak

Dengan membiasakan si anak sarapan, Anda juga membiasakan anak untuk disiplin terhadap waktu. Ia harus bangun lebih pagi untuk sarapan dan bersiap-siap berangkat sekolah. Selain anak memperoleh gizi yang seimbang anak juga menjadi terbiasa dalam mengatur waktunya untuk beraktivitas.

 

  1. Anak butuh energi

Anak butuh energi untuk beraktivitas, seperti yang diketahui bahwa anak di usia dini banyak bergerak dan memerlukan energi yang banyak, hal ini yang menjadi alasan dasar kenapa setiap anak wajib untuk sarapan. Sarapan sebelum beraktivitas bagus dilakukan karena menjadi modal bagi tubuh untuk beraktivitas setelah tidur semalaman dan perut menjadi kosong. Setelah hampi 12 jam tidak mengonsumsi apapun, tubuh khususnya otak akan membutuhkan makanan untuk bekerja dengan baik.

 

  1. Jika tidak inign anak gemuk, berikan mereka sarapan

Banyak makan akan mengakibatkan kegemukan, hal ini lumrah dan disepakati banyak orang. Tapi taukah Anda jika sarapan bisa mencegah kegemukan? Ini karena sarapan yang menyehatkan badan dan menjadi sumber energi di awal hari, begitu pun dengan kesehatan anak yang setiap harinya sarapan akan terhindar dari kegemukan. Semua kalori yang diterima oleh tubuh akan terbakar oleh aktivitas yang dilakukan seharian.

 

Jika anak tidak sarapan di pagi hari, maka ia akan makan di siang hari dan mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak dari seharusnya karena merasa lapar dari pagi hari. Jika ini terus terjadi dan Anda sebagai orang tua terus mengabaikannya maka Anda tidak dapat mengendalikan asupan makanan anak dan anak akan mengalami kegemukan.

 

 

 

Leave a Comment