5 Makanan Sehat sebagai Penganti Gula untuk MPASI Bayi

 MPASI mulai diberikan kepada bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas untuk memenuhi asupan gizinya. Dalam pemberian MPASI orang tua harus pintar memilih asupan makanan agar nutrisi bayi terjaga. MPASI untuk bayi di bawah satu tahun pun disarankan agar menghindari gula. Jika dari awal bayi diberikan makanan yang mengandung gula maka anak akan terbiasa dengan makanan manis, akibatnya ketika si bayi mencoba sayuran yang hambar kemungkinan besar anak akan menolak.

 

Sebaiknya hindari pemberian gula pada MPASI untuk menghindari hal tersebut. Sebenarnya bukan hanya gula saja, tapi garam pun harus dihindari dari MPASI bayi di bawah satu tahun. Usia satu tahun ini dinilai sudah memiliki pencernaan yang lebih siap dan pola makan yang mulai terbentuk.Walaupun tetap harus ada batasan dalam mengonsumsi gula pada anak-anak karena akan merusak gigi dan kesehatan lainnya.

 

Makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti gula MPASI

seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa meghindari penggunaan gula pada bayi sangatlah penting, tapi tidak menutup bayi untuk merasakan makanan yang manis,Agar bayi bisa tetap merasakan manis, Anda bisa mengganti makanan dengan gula alami yang bisa terdapat dari buah dan sayuran. Ini dia 6 makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti gula pada MPASI bayi,

 

  1. Pir

Buah pir yang mengandung fosfor, kalium dan vitamin C ini baik untuk kesehatan bayi. Jika Moms ingin memberikan pir kepada bayi sebagai MPASI maka sajikan buah pir ini dengan cara dipoting kecil-kecil kemudian kukus atau tim sampai lunak.

 

  1. Wortel

Wortel memang tidak semakin tiga makanan di atas, tapi wortel bisa menjadi salah satu sayuran yang banyak direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi yang baru berusia 6 bulan. Wortel ini merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral, bagus untuk membantu melancarkan sistem pencernaan bayi, dan mencegah sembelit karena berserat tinggi. Moms bisa mengolah wortel sebagai finger food yang bisa digenggam dan melatih motorik bayi sekaligus atau dengan membuatnya sebagia puree (bubur) seperti apel dan pir.

 

  1. Pisang

Pisang menjadi MPASI yang populer karena sudah diberikan sejak pertama bayi bisa memakan makanan pendamping. Tekstur pisang yang lembut dan rasanya yang manis ini merupakan makanan yang mudah ditemukan dan disukai bayi. Kandungan nutrisinya pun berlimpah, tak hewan pisang menjadi favorit orang tua untuk MPASI pertama bayi. Pada buah pisang ini terdapat fosfor, kalium, asam folat, dan vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi.

 

  1. Bit Merah

Bit merah memiiki manis yang alami, bisa dijadikan sebagai pengganti gula untuk bayi. Bit merah ini adalah sayuran berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah. Dalam satu bit buah ini mengandung kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, karbohidrat, protein, antioksidan, serat larut, folat atau vitamin B9 yang baik untuk tubuh dan pertumbuhan bayi.

 

  1. Apel

Sama dengan pir, apel juga mengandung kalium, fosfor, kalsium, megnesium, vitamin A dan vitamin C. Cara penyajiannya pun hampir sama dengan penyajian buah pir, yakni dengan dipotong kecil-kecil kemudian direbus hingga lunak atau dengan cara ditim. Atau bisa juga dengan cara diblender, apel harus direbus dulu sampai lunak kemudian masukkan dalam blender dan dibuat menjadi puree atau bubur.

 

 

 

Leave a Comment