Cara Memberikan MPASI Pertama yang Baik untuk Bayi

 

Makanan pendamping atau MPASI adalah makanan pertama yang bayi konsumsi setelah memasuki usia 6 bulan. Perlu kehati-hatian dalam memberikan makanan pertama bayi, jika salah maka akan mengganggu kondisi bayi dan si kecil akan jatuh sakit. Pastinya Moms sebagai orang tua tidak ingin hal itu sampai terjadi. Sebelum itu mari kita ketahui alasan dari pemberian MPASI setelah bayi berusia 6 bulan.

 

Tahap memberikan makanan pertama untuk bayi

Butuh waktu agar bayi terbiasa dengan makanan padatnya, sehingga Moms harus ekstra sabar dalam memberikan MPASI ini. Jangan terlalu khawatir jika bayi Anda tidak banyak memakan makanan tersebut di awal, karena lama-lama bayi akan semakin banyak makan. Cara pertama dalam memberikan makanan padat pada bayi Anda:

  1. Suapi beberapa sendok teh makan sekali dalam sehari. Coba dengan mengganti makanan padat setiap harinya gar bayi tidak mudah bosan.
  2. Biarkan bayi menikmati, menyentuh dan memegang makanannya sendiri, ini akan baik untuk motoriknya.
  3. Pastikan makanan tersebut bertekstur lembut, mudah dilumat dan ditelan sehingga mengurangi risiko tersedak pada bayi. Makanan harus lembut, tawar tidak berbumbu dan dimasak dengan baik.
  4. Dampingi bayi ketika makan makanannya pertama, untuk menghindari bayi tersedak karena tidak bisa mengunyah dan menelan makanan.
  5. Makanan harus minim gula, garam atau madu. Ini untuk menjaga sistem pencernaan bayi yang belum siap mencerna semua makanan tersebut.
  6. Selalu rasakan makanannya terlebih dahulu sebelum memberikannya pada bayi, terutama makanan panas.
  7. Suapi si kecil menggunakan sendok, dan tungu mulutnya sampai terbuka. Ini karena kemungkinan si kecil ingin mencoba memegang sendoknya sendiri.
  8. Banyi tidak harus makan tiga kali sehari. Lebih baik makan dengan porsi kecil tapi sering dibandingkan sekali dengan porsi yang
  9. Jangan memaksakan bayi untuk memakan makanannya. Jika bayi belum tertarik tidak apa-apa untuk dicoba kembali esok harinya.
  10. Pakaikan bayi celemek di lehernya agar baju yang ia kenakan tidak kotor saat makan. Bayi bisa saja antusias ketika mengaduk-aduk makanannya sehingga mengotori area sekitarnya.

 

 

Alasan kenapa makanan pendamping baru diberikan ketika bayi berusia 6 bulan

makanan padat harus diberikan kepada bayi setelah berumur 6 bulan karena usus mereka sudah lebih siap dalam mencerna makanan dan refleks dari lidah pun sudah lebih baik daripada sebelumnya. Jika makanan pertama bayi ketika lahir adalah ASI maka setelah 6 bulan, bayi harus sudah mulai diberi makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan gizinya yang semakin bertambah, makanan pendamping ASI ini bisa berupa makanan padat, sehingga semua asupan yang baik yakni nutrisi dan gizi bisa terpenuhi dengan baik.

Bayi juga sudah memiliki kemampuan motorik setelah 6 bulan, seperti duduk sendiri dan menggenggam benda-benda atau makanan yang ada di sekitarnya sehingga memudahkan sang bayi untuk makan makanan padat pertamanya. Tapi hal ini bukanlah hal yang mutlak untuk dllakukan pada bayi 6 bulan, karena ada beberapa kasus bayi yang berusia 6 bulan pun masih belum bisa mendapatkan makanan pertamanya disebabkan beberapa faktor. Tetap konsultasi dengan dokter anak agar pemberian makanan padat ini bisa berimbang dan baik untuk si buah hati.

Jangan sepelekan untuk memberikan bayi makanan pertamanya, karena ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan bayi selanjutnya bahkan sampai dewasa.

Leave a Comment