Daftar Minuman Sehat dan Tidak Sehat untuk Anak

 

Jika makanan ada yang sehat dan tidak untuk anak, maka minuman pun ada yang sehat dan tidak. Seperti air putih yang sehat untuk kesehatan kita, begitu pun dengan kesehatan anak-anak yang berusia 12 bulan, air putih merupakan minuman terbaik bagi mereka. Soda, sari buah berperisa, jus buah dalam kemasan, air vitamin, air mineral berperisa, miumn energi dan minuman olahraga pun sehat untuk dikonsumsi anak-anak. Berikut ini daftar minuman yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi oleh anak-anak, mari kita simak bersama Moms!

 

Minuman sehat untuk anak

  1. Air putih

Air putih sangat sehat untuk kesehatan dan bisa memberikan cairan ekstra yang dibutuhkan bayi ketika menginja berusia 6 bulan ke atas. Semua orang sudah tau khasiat dari air putih ini. jika Anda ingin memberikan air putih pada bayi, beri air putih menggunakan cangkir bayi agar bisa melatih motorik anak dalam memegang cangkirnya. ASI atau susu formula pun masih bisa Anda berikan pada bayi berusia di atas 6 bulan.

 

Agar anak tertarik minum air putih, Moms bisa menaruhnya dalam tempat minum yang lucu atau dengan memberikan contoh sehari-hari dengna mengonsumsi air putih bersama anak.

 

  1. Susu

Susu termasuk minuman yang sehat untuk anak selanjutnya. Susu yang mengandung kalsium dan vitamin D ini baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Anda juga bisa memberikan susu formula sebagai tambahan nutrisi pada bayi yang sudah berusia 6 tahun ke atas. Berikan susu dengan dosis 16 ons jika anak Anda masih berusia 1-2 tahun.Jika anak sudah berumur 2 -3 tahun asupan susu bisa ditambah, karena anak membutuhkan asupan kalsium sebanyak 700 mg. Anak yang alergi dengan susu formula sapi pun bisa mendapatkan manfaat dari susu dengan menggantinya dengan produk yang terbuat dari susu keddelai.

 

  1. Air Kelapa

Air kelapa yang langsung dari buahnya adalah minuman yang sehat untuk tubuh, minuman yang terbuat dari air kelapa dengan gula alami pun menyehatkan bagi anak-anak. Rasanya yang segar akan membuat anak terhindar dari dehidrasi setelah beraktivitas seharian. Air kelapa ini kaya dengan elektrolit yang bisa menghilangkan dahaga dan mengganti minuman berenergi alami. Air kelapa juga mengandung kalium dan antioksidan yang baik untuk kesehatan anak.

 

 

Minuman tidak sehat untuk anak

Minuman jus, teh dan kopi bisa menjadi minuman yang tidak sehat dikonsumsi oleh anak jika cara penyajian dan dosisnya berlebihan. Ini karena ketika anak beranjak dewasa anak memerlukan serat yang tinggi. Kebutuhan akan serat ini bisa didapat salah satunya dari buah. Buah ini bisa diolah menjadi jus, tapi Anda harus perhatikan cara pembuatan dan apa saja yang dimasukkan ke dalam jus tersebut. Jangan masukkan gula pada jus, sebaiknya cukup manis alami dari buah sendiri karena jus buah yang ditambah gula buatan akan meiliki kadar gula dan asam yang tinggi.

 

Cara pembuatan jus pun tidak boleh terlalu hancur karena akan akan merusak seratnya. Jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih banyak bisa mengonsumsi buah secaara langsung. Tehdan kopi juga termasuk pada minuman yang tidak sehat untuk anak karena mengandung kafein dan dapat mempengaruhi tidur, perilaku dan perkembangan anak. Hindari minuman-minuman yang kurang sehat karena akan mengurangi nafsu makan anak.

Leave a Comment