Gejala Kanker Serviks Stadium 3

Kanker serviks yang sudah memasuki stadium 3 ini ditunjukan dengan kanker yang sudah menyebar ke sekitar serviks yang mencakup serviks dan area pelvis bahkan mendekati panggul. Invasinya juga sudah mencapai vagina bagian bawah, ligament panggul bahkan sampai pada Rahim dan mencapai ke saluran kencing.

Kanker akan lebih mudah menyerang anggota tubuh lainya dan mungkin menyerang limfa. Cairan limfa yang sudah terkontaminasi sel kanker akan lebih mudah menyebarkan kanker ke seluruh tubuh.

Jenis kanker serviks stadium 3

Seperti stadium lainnya, kanker serviks stadium 3 juga mempunyai 2 jenis sesuai dengan tingkat keparahannya, yaitu:

Kanker serviks stadium 3A

Pada penyebaran kanker serviks stadium 3A, kanker  sudah sampai area pelvis dan vagina. Kanker akan semakin terlihat dan mengakat hingga menembus otor penyangga serviks, selain itu gejala-gejala lain juga akan semakin dirasakan oleh penderitanya.

Kanker serviks stadium 3B

Invasi kanker akan lebih serius dan akan menembus ligament pelvis yang mencakup area lebih luas lagi. J Kanker juga mulai menyentuh bagian Rahim tengah dan merambat ke saluran kencing. Kadang-kadang kanker ini akan menyumbat saluran kencing, sehingga penderitanya akan kesulitan ketika akan buang air kecil dan akan mengalami nyeri saat buang air kecil.

Penderita kanker serviks stadium 3 sudah dikatakan dalam memasuki fase yang lebih serius. Dan Kemungkinan untuk mendapat kesembuhannya kurang dari 60% dan gejala-gejala juga akan semakin terlihat dan dirasakan oleh penderitanya.

Serangan kanker serviks juga akan mulai menyebar pada jaringan saraf yang terdapat pada area panggul dan pelvis dan akan menyebabkan penyumbatan terhadap area selangkangan dan area perut.

Dalam hal ini biasanya perut pasien akan terlihat lebih besar seperti mengalami pembengkakan, pasien juga akan merasakan rasa yang teramat sakit pada perut bagian bawah dan kadang berpindah sakitnya dari perut bagian kiri kemudian perut bagian kanan. Sakit juga menjalar hingga pada bagia pinggul.

Aliran darah yang menuju kaki juga akan tersumbat karena tekanan sel kanker pada bagian panggul, sehingga memicu pembengkakan pada kedua kaki atau salah satunya. Dan biasanya terjadi pada bagian tungkai kaki. Pasien juga akan kesulitan buang air kecil karena kanker mulai menyumbat jalan aliran kencing sehingga akan berlanjut pada gangguan ginjal.

Oleh sebab itu kanker serviks yang memasuki stadium 3 ini akan memicu berbagai komplikasi, apalagi karena kekebalan tubuh anda yang juga semakin berkurang.

Tingkat selanjutnya kanker akan menyerang pada  bagian usus besar yang akan berakibat pada pasien kesulitan BAB, kejadian ini akan lebih serius karena usus besar mempunyai peran yang sangat penting untuk keberlangsungan kinerja anggota tubuh lainnya. Ketika usus besar terganggu maka komplikasi lain yang bisa timbul adalah masalah pencernaan.

Beberapa hal diatas merupakan beberapa gejala yang mungkin menunjukan bahwa anda sudah berada padakanker serviks stadium 3, namun Perlu diingat bahwa diagnosis kanker ini bukanlah akhir dari segalanya, justru merupakan awal dari perjuangan anda dalam melawan kanker. Langkah yang harus dilakukan adalah meyakinkan diri anda bahwa anda bisa sembuh.

Meskipun dengan hanya harapan beberapa persen saja, namun dengan keyakinan dan usaha yang terus anda lakukan maka tidak menutup kemungkinan anda mendapatkan kesempatan untuk sembuh yang hanya beberapa persen saja. Semoga lekas sembuh dan tetap semangat. Terimakasih

 

Leave a Comment