Ini Dia Penjelasan Minuman Probiotik untuk Anak

Probiotik adalah nama bakteri baik atau ragi hidup dan baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Minuman ini juga banyak dijual di pasaran dan bisa dengan mudah Anda beli di mana saja. Memiliki rasa yang khas, membuat semua orang termasuk anak kecil menyukai minuman probiotik ini. Probiotik bekerja dengan menyeimbangkan jumlah bakteri yang hidup dalam saluran pencernaan. Makanan yang mengandung probiotik ini diantaranya adalah makanan yang melalui proses fermentasi semisal yogurt dan beberapa jenis keju.

 

Minuman probiotik ini mengandung bakteri dari kelompok Laktobasilus dan Bifidobakterium yang sengaja ditambahkan ke dalam minuman dan manfaatnya sudah terbukti untuk orang dewasa. Manfaat yang terasa oleh orang dewasa adalah terjaganya keseimbangan komposisi bakteri dalam usus, sehingga kesehatan usus pun terjaga dengan baik.Lalu apakah minum probiotik ini aman untuk anak kecil? Mari kita cari tahu Moms!

 

Probiotik bisa diberikan pada anak

Miuman probiotik ini bisa menyembuhkan dan mencegah diare, tapi dampaknya masih terlihat rendah. Minuman probiotik juga bisa digunakan sebagai langkah pencegahan untuk alergi pada anak, eksim dan asma. Meski sehat, tapi lagi-lagi pengaruh probiotik ini belum bisa dibuktikan pengaruhnya pada kesehatan anak. Minuman atau makanan probiotik juga tidak memberikan dampak apapun pada anak yang sembelit, dan tidak ada efeknya untuk mengobati sindrom iritasi usus besar, kolitis ulseratif kronis, kolik infantil dan penyakit lainnya.Memberikan minuman probiotik pada anak juga diperbolehkan asal masih dalam kadar yang aman dan wajar sesuai dosis.

 

Dari European Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa ada perbedaan antara anak yang diberi yogurt dan anak yang diberi plasebo. Anak yang diberi yogurt memiliki risiko rendah terserang penyakit infeksi dibandingkan anak yang diberi plasebo, tapi belum ditemukan perbedaan yang signifikan dari penelitian ini.

 

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa jika Anda ingin memberikan minum probiotik pada anak diperbolehkan saja, terlebih jika anak sedang mengalami diare akut. Tapi belum ada penelitian yang membuktikan minuman probiotik itu berbahaya bagi anak tapi miuman ini juga tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan anak. Anda boleh memberikan minuman probiotik ini asalkan tidak berlebihan dan sesuai dengan ketentuan dokter.

 

Diperlukan penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui manfaat dari minuman probiotik ini untuk anak-anak. Selain itu perlu dicari tahu juga berapa banyak dosis yang diperlukan anak dari muniman probiotik jika Anda akan memberikan minuman ini. Untuk saat ini Anda bisa memberikan minuman probotik pada anak tanpa berlebihan selama anak tidak menunjukkan gejala alergi dan lain sebagainya, tapi Anda pun harus terus berkonsultasi dengan dokter agar kesehatan anak tetap bisa terpantau. Sehingga anak bisa mendapatkan manfaat dari minuman probiotik yang Anda berikan, seperti penjelasan yang dipapasarkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP).

 

Perlu diketahui juga jika minuman probiotik ini memiliki dosis yang berbeda tergantung kemasannya sehingga sulit untuk mengetahui seberapa banyak probiotik ini harus dikonsumsi setiap harinya terutama untuk anak-anak. Minuman probiotik ini tidak akan berbahaya pada bayi yang sudah memasuki umur yang cukup seperti satu tahun ke atas, tapi jangan berikan minuman probiotik pada bayi yang lahir prematur, anak dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan anak dengan kateter atau alat medis di dalam tubuhnya karena akan sangat berbahaya.

sumber: https://babyologist.com/blog/pentingnya-prebiotik-dan-probiotik-untuk-bayi-n5658

 

Leave a Comment