Ini Dia Vitamin dan Mineral yang Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Ketika anak dalam masa pertumbuhan, anak membutuhkan vitamin dan mineral agar mereka bisa tumbuh dengan baik. Bahkan ketika mereka baru lahir pun, mereka sudah membutuhkan vitamin dan minieral itu, dan semuanya tercukupi dengan baik oleh ASI yang Moms berikan. Tapi ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, kebutuhan vitamin dan mineral ini harus ditambah dengan mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Tapi tidak sembarang makanan bisa diberikan sebagai MPASI, harus makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh anak.

Daftar vitamin dan mineral untuk anak

Seperti yang sudah-sudah, bahwa vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tubuh kembang anak, diantara pertumbuhan yang bisa dijaga oleh asupan vitamin dan mineral ini adalah pertumbuhan dan perkembangan tulang, otot, kulit, organ dan juga bermanfaat untuk metabolisme dalam melawan infeksi.

 

Dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran yang mengandung vitamin dan mineral di bawah ini Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan anak dan menjaga tumbuh kembangnya, berikut ini adalah vitamin dan mineral yang penting dan dibutuhkan tubuh untuk membantu tumbuh kembang anak.

 

  • Vitamin E

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu perkembangan kesehatan kulit dan mata, sumber vitamin E yang baik terdapat pada kacang-kacangan.

 

  • Vitamin D

Membantu untuk proses pertumbuhan tulang, bisa didapatkan ketika berjemur di pagi hari atau dengan mengkonsumsi minyak hati ikan, kuning telur dan mentega.

 

  • Vitamin C

Membentuk kolagen, membantu melawan infeksi dan menyerap zat besi, menyehatkan gigi serta tulang dan gusi. Ada pada buah-buahan, sayuran.

 

  • Vitamin B12

Membantu memproduksi sel darah merah dan meningkatkan pertumbuhan agar terhindar dari anemia. Cukup ditemukan di makanan hewani seperti daging, ikan, telur dan susu.

 

  • Viramin B6

Untuk energi dan membantu produksi sel darah merah serta fungsi otak. Bisa ditemukan pda daging, ikan, makanan gandum, sayuran dan kacang-kacangan.

 

  • Vitamin B3

Membantu menyerap makanan dan mengembangkan pertumbuhan dan energi, bisa ditemukan pada daging, ikan, ayam, kacang-kacangan dan sari ragi.

 

  • Vitamin B2

Membantu memecah lemak, protein dan karbohidrat agar tubuh menyerap dengan mudah, bisa ditemukan pada susu, daging, keju, sari ragi, telur, roti gandum dan sereal.

 

  • Vitamin B1

Vitamin B1 akan mengeluarkan energi dari makanan sehingga sistem saraf dan otot anak bisa bekerja dengan baik. Vitamin B1 biasa ditemukan juga pada ikan, daging, sari ragi, roti gandum dan sereal.

 

  • Vitamin A

Vitamin A ini dibutuhkan untuk penglihatan, kulit, pertumbuhan, perkembangan dan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A juga bisa Moms temukan pada hati, daging, susu, dan telur, buah dan sayuran seperti wortel dan ibu jalar.

 

  • Asam folat (Vitamin B9)

Untuk membentuk sel dara baru dan DNA, sayuran berdaun hijau sangat baik untuk mendapatkan asam folat ini.

 

 

 

Mineral yang dibutuhkan anak

Zat besi, yodium, kalsium, dan zinc adalah mineral yang dibutuhkan anak agar tumbuh kembang anak tidak terganggu seperti memperlancar peredaran oksigen di tubuh,  pengembangan jaringan pada tubuh anak, membentuk tulang dan gigi yang kuat serta penyembuhan luka dan fungsi sistem kekebalan tubuh anak. Agar Moms bisa membantu pertumbuhan anak dengan baik, disarankan untuk memberikanmakanan sehat yang mengandung mineral tersebut misalnya berbagai macam makanan seperti daging, hati, seafood, kacang kering, susu, keju, telur kuning, ikan salmon, dan sayuran.

Leave a Comment