Lihat Makanan yang Menyebabkan Sembelit dan Ikuti Tips-nya

Bayi yang sudah mendapat makanan pendamping ASI atau MPASI ini bisa mengalami sembelit, berbeda dengan bayi yang baru diberi ASI ekslusif biasanya jarang mengalami sembelit atau susah buang air besar. Ini disebabkan ASI yang Moms berikan membantu melancarkan pencernaan bayi.

Jika bayi mengalami sembelit, Moms tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengurangi asupan makanan pendamping yang memicu sembelit pada bayi. B berikut ini daftar makanan yang bisa memicu sembelit pada bayi.

 

  1. Produk susu

Susu baik bisa membantu untuk memenuhi nutrisi yang bayi perlukan ketika berusia 6 bulan ke atas, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, susu, dan produk yang mengandung susu seperti yogurt, es krim ataupun keju akan menyebabkan sembelit. Belum diketahui secara pasti apakah hal ini terjadi karena susu itu sendiri atau justru karena kombinasi dari kedua hal tersebut Moms. Namun, kandungan lemak yang tinggi dan rendah serat dalam produk susu dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memicu sembelit. Kandungan laktosa dalam susu juga dipercaya bisa menyebabkan perut kembung atau bergas.

 

  1. Pisang

Pisang menjadi  makanan pertama yang umum diberikan kepada bayi yang bisa memakan makanan pendamping ASI, ini karena pisang memiliki tekstur yang lembut, ditambah rasanya yang manis, sehingga tak heran jika banyak bayi yang menyukai buah pisang ini. Tapi sayangnya pisang bisa menjadi salah satu makanan yang menyebabkan sembelit pada sebagian orang termasuk bayi. Ini terjadi jika buah pisang belum terlalu matang dan langsung diberikan kepada bayi. Pisang yang belum matang akan menyebabkan sembelit pada bayi sehingga susah untuk buang air besar, sebaiknya berikan pisang yang sudah matang, jadi berhati-hatilah Moms dalam memiilih buah pisang untuk si bayi.

 

  1. Sereal beras

Makanan padat seperti sereal beras ini sering ditemukan sebagai penyebab sembelit pada bayi. Hal ini dikarena sereal beras yang dikonsumsi mengandung serat yang rendah, tidak seperti buah dan sayur. Jika Moms tetap ingin memberikan sereal pada bayi sebagai makanan pendampingnya, maka Anda bisa memberikannya selai dan sereal aotmeal Selai dan sereal oatmeal ini mengandung lebih banyak serat daripada sereal beras. Anda juga bisa menambahkan sedikit jus buah prem pada sereal untuk memberikan varian rasa yang lebih nikmat sekaligus membantu mencegah sembelit.

 

  1. Makanan bayi instant

Bagi Anda para orang tua pasti tidak asing dengan memberikan bayi makanan instant agar lebih praktis. Bahkan untuk balita atau anak-anak sekarang sudah banyak yang mengonsumsi makanan siap saji seperti burger, kentang goreng dan nugget. Makanan tersebut akan membuat sembelit jika dikonsumsi terlalu banyak karena mengandung lemak yang tinggi.

 

Tips tambahan agar anak terhindar dari sembelit

Perlu Moms ketahui agar sembelit pada bayi ini tidak terjadi, Moms harus memastikan selalu menyediakan menu makanan dengan serat yang tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan dengan serat yang tinggi cenderung memudahkan untuk dicerna tubuh dan lebih baik untuk menjaga kesehatan usus.

 

Selain itu juga makanan serat tinggi bisa memudahkan pergerakan usus, sehingga buang air besar pada bayi menjadi lancar. Pilihlah serat yang sulit larut yang berasal dari gandum dan sayuran hijau tua, karena kualitas serat lebih padat sehingga memudahkan usus untuk menggerakan usus. Moms juga harus melengkapi kebutuhan anak dengan konsumsi air yang cukup, air bagus untuk anak ketika mengalami sembelit.

 

 

Leave a Comment