Salah Satu Vitamin Penting untuk Anak

 

Ada beberapa vitamin yang begitu penting untuk pertumbuhan anak, seperti vitamin A yang bisa menyehatkan mata, ada juga vitamin B yang dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan produksi energi. Tidak hanya kedua vitamin itu saja yang penting untuk tubuh anak, tapi vitamin C dan kasium pun sangat penting dibutuhkan anak agar bisa menjaga kondisi badan dan memiliki tulang yang kuat. Begitu banyaknya vitamin yang harus dikonsumsi anak, membuat orangtua harus pintar memilih menu makanan sehat yang banyak mengandung vitamin tersebut, seperti sayuran dan buah.

 

Jika anak mengalami kekurangan vitamin, maka akan menggangu pertumbuhannya dan dapat menyebabkan kesehatan anak terganggu dengan menderita beberapa penyakit yang bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin pada tubuh anak. Seperti kekurangan vitamin A yang begitu penting dan banyak manfaatnya untuk tubuh. Lalu apa saja yang bisa terjadi pada tubuh anak Anda jika kekurangan vitamin A? Mari ktia cari tau Moms!

 

Manfaat vitamin A untuk anak

Asal Moms tau saja, jika vitamin A ini banyak manfaatnya untuk pertumbuhan anak, salah satunya untuk mata. Di dalam mata ada sel-sel retinan yang membutuhkan vitamin A untuk menjaga metabolismenya. Manfaat lain dari vitamin A ini adalah bisa menjaga kekebalan tubuh, kesehatan dari sel-sel rambut, kuku dan kulit. Vitammin A juga mengandung sifat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita termasuk pada tubuh anak.

 

Dampak dari kekurangan vitamin A pada anak

Begitu banyak manfaat vitamin A untuk tubuh anak, jadi apa dampaknya jika anak kekurangan vitamin A ini? anak akan mengalami risiko malabsorpsi lemak, atau gangguan hati. Ketika anak kekurangan vitamin A, sistem imun akan melemah dan mengganggu produksi sel darah merah (hematopoiesis), menyebabkan ruam kulit, dan gangguan penglihatan seperti xerophthalmia, rabun malam. Penyebab lainnya yang akan ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A adalah penurunan bioavailabilitas karotenoid provitamin A dan masalah pada sistem pencernaan, penyimpanan, atau pengangkutan vitamin A.

 

Lebih lanjut Moms, gangguan pada sistem pencernaan atau penyimpanan biasa ditemukan pada penyakit celiac disease, cystic fibrosis, gangguan pancreas, obstruksi usus dua belas jari, diare kronis, obstruksi saluran empedu, giardiasis dan sirosis. kekurangan vitamin A juga umumnya ditemukan bersamaan dengan kekurangan gizi protein-energi yang berkepanjangan. Tidak hanya diakibatkan oleh pengaturan pola makan yang buruk,kekurangan vitamin A juga bisa terjadi karena sistem penyimpanan dan pengangkutan vitamin A yang tidak dapat bekerja dengan baik. Pada anak yang terjangkit campak kronis, terapi vitamin A ini bisa mempercepat pemulihan dengan mengurangi tingkat keparahan tanda-tanda penyakit dan risiko kematian.

 

 

Jumlah asupan vitamin A

jika anak Moms masih ada di usia 1 sampai 3 tahun, maka memerlukan 1,000 IU atau 300 mikrogram (mcg) retinol activity equivalent (RAE) vitamin A setiap harinya. Seadngkan untuk anak usia 4 tahun ke atas memerlukan 1,333 IU, atau 400 mcg RAE setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, Anda bisa melakukannya dengan cara menyicil pemenuhan asupan vitamin A anak dengan jumlah rekomendasi sebagai rata-rata dalam beberapa hari sekali atau per minggu. Vitamin A ini juga bisa didapat dari wortel, ubi, sayuran, buah-buahan, susu, telur.

 

Sebagai informasi tambahan, bahwa kadar dari vitamin A yang terkandung dalam makanan pun akan bervariasi, tergantung dari ukuran buah atau sayuran. anak mungkin akan kurang atau melebihi rata-rata asupan vitamin A yang seharusnya didapatkan, oleh karenanya Moms perlu memperkirakan kandungan nutrisi yang ada dalam makanan sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Leave a Comment