Sayuran yang Bisa Disajikan Untuk Anak yang Sulit Makan

Anak-anak biasanya sulit untuk diajak makan sayuran, padahal sayuran sangat penting untuk tubuh karena dipenuhi dengan berbagai manfaat baik bagi tumbuh kembangnya. Terkadang Moms harus memutar otak agar anak Anda mau memakan sayuran bukan? Jika Moms sudah kehabisan akal agar anak mau makan sayuran, bisa coba untuk menyajikan sayuran di bawah ini agar anak menjadi suka makan sayuran dan tidak sulit makan lagi.

 

5 Resep sayuran untuk anak

  1. Sunny Brocolli

Terbuat dari sayuran hijau yang banyak mengandung serat, vitamin A dan vitamin C serta zat besi, folat. Anda bisa mencoba untuk membuat Sunny Brocolli dengan bahan brokoli, garam, bawang putih, jeruk dan merica. Rebuslah 15 buah potongan kecil brokoli selama lima menit. Dinginkan dan siram dengan dua sendok makan jus eruk, kemudian campurkan dengan satu siung bawang putih yang telah dicincang halus, beri garam dan merica. Sajikan brokoli di atas potongan jeruk sehingga membentuk bunga.

 

  1. Pineapple Bokcoy Juice

Tidak hanya dimasak, tapi sayuran bisa juga dijadikan jus yang dicampur dengan buah, contohnya saja menu Pineapple Bokcoy Juice ini. Terbuat dari sayur bokcoy dengan buah nanas. Sayur bokcoy ini mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, fosfor, kalsium dan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh, ditambah dengan buah nanas yang juga mengandung banyak vitamin C.

 

  1. Sweet Potato-Parsnip Mash

Untuk membuat Sweet Potato-Parsnip Mash ini Moms hanya perlu menyediakan ubi jalar, merica, garam dan sari apel. Kemudian kupas dan potong ubi jalar, setelahnya rebus dengan air dan garam. Diamkan selama 15-20 menit atau sampai ubi menjadi lunak. Tiriskan, lalu beri garam, merica, dan sepertiga cangkir sari apel dan hancurkan hingga halus.

 

  1. Sayur lapis daging asap

Biasanya anak-anak menyukai makanan yang terbuat dari daging. Moms bisa menyiasati agar anak mau makan sayuran dengan memasukkan menu daging di dalamnya. Kombinasikan beberapa menu sayur seperti bayam, jagung, buncis dan wortel yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan anak. Setelah itu Moms tinggal tambahkan daging asap agar rasanya menjadi gurih dan lezat.

 

  1. Mie Sayur Tek-Tek

Jika anak Anda termasuk mecinta mie, maka resep mie sayur Tek-Tek ini patut Anda coba. Terbuat dari berbagai macam sayuran yang sehat dengan campuran mie yang menyehatkan. Moms tidak perlu merebus sayuran terlalu lama, setelah itu kocok lepas satu butir telur dan mie. Masukkan sayuran, 1 sendok makan saus tiram, campurkan dengan 3 siung bawah putih dan beri garam serta merica secukupnya.aduk sampai tercampur rata dan tunggu hingga mendidih. Maka Mie Sayur Tek-Tek siap disajikan.

 

Sebenarnya banyak dari sayuran yang bisa Moms jadikan menu kreatif agar anak menjadi lebih bernafsu memakannya. Menu-menu ini bisa menggunakan sayuran kol, jamur, buncis, kacang hijau, kacang panjang, zucchini, dan jagung. Sayuran ini memiliki banyak manfaat terutama vitamin C, kalium dan lycopene sebagai salah satu antioksidan yang dapat mencegah kanker kolorektal. Ada juga sayuran yang bisa Moms jadikan sebagai camilan anak, seperti muffin dengan zucchini, puding jagung atau bolu dengan jamur atau ubi jalar. Dengan Moms mengkreasikan resep sayuran ini tentunya anak-anak akan lebih tertarik dan suka untuk mulai makan sayuran. Selamat mencoba Moms!

 

 

Leave a Comment